Home / Berita utama / Adik Kandung Kades Bone, Kelola Pekerjaan Sebesar Rp 139 Juta
Adik Kandung Kades Bone, Kelola Pekerjaan Sebesar Rp 139 Juta

Adik Kandung Kades Bone, Kelola Pekerjaan Sebesar Rp 139 Juta

SoE, fajartimor.com – Pekerjaan Rabat Beton yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2019, sebesar Rp 139 juta untuk pekerjaan sepanjang 300 meter, dikelola Oris Tunu, Sekretaris Desa yang juga merupakan adik kandung Kades Bone, Nehemia Tunu.

Warga yang kesal karena tidak dilibatkan dalam proses pengerjaan pekerjaan rabat beton di desa Bone kecamatan Amanuban Tengah Kabupaten TTS, kemudian membuka borok besar kades dan keluarganya kepada media ini pada Rabu (27/11/2019).
Menurut salah seorang perangkat desa setempat, pembangunan pekerjaan rabat beton sepanjan 300 meter dari alokasi dana desa sebesar Rp 139.000.000 sesuai peraturan bupati nomor 28 adalah padat karya. Tapi kenyataan di lapangan terbalik.
“Masyarakat kebanyakan tidak diikut sertakan dalam pekerjaan tersebut, yang terlibat hanya orang orang dekat kepala desa dan perangkatnya. “ungkapnya
Dikatakan pembangunan pekerjaan rabat beton yang dikelola kades Bone, sekretaris dan keluarga sangat tidak sesuai dengan apa yang di amanahkan oleh perdes desa Bone

“Fakta yang terjadi, pengadaan bahan lokal dan non lokal justru dilakukan sekretaris desa Bone, Oris Tunu yang adalah adik kandung kades Nehemia Tunu,” bebernya.
Warga yang semula dilibatkan dalam keanggotaan bpjb lanjutnya, diberhentikan oleh kades Bone secara sepihak.
“Keanggotaan bpjb yang kosong tersebut justru diisi keluarga dekat kades Tunu. Memangnya Dana Desa ini milik Kades Tunu dan keluarganya?,” kesalnya.
Ditempat terpisah, kepala Desa Bone dan sekretaris bpjb yang berhasil dimintai keterangannya pada rabu 27/11 sore dikediamannya mengatakan, pekerjaan rabat beton sepanjang 300 meter dari alokasi dana desa Tahun 2019 sebesar Rp 139.000.000, telah selesai dikerjakan. Sekretaris BPJB Oris Tunu juga mengakui kalau dirinya-lah yang bertanggungjawab atas pengadaan bahan lokal dan non lokal.
Terkait pekerjaan yang dilakukan diatas aspal dan sudah mulai rusak sekalipun baru usia tiga bulan lamanya pekerjaan, Oris Tunu dan kades Nehemia Tunu hanya bisa diam, tertunduk tanpa satu katapun.
Kepala Dinas PMD kab. TTS George G Mella, Msi yang dikonfirmasi diruang kerjanya pada jumat (29/11/2019) siang mengatakan, sesuai informasi media ini pihaknya akan segera turun ke lokasi desa Bone.
“Atas informasi fajartimor, saya pasti akan membentuk tim untuk langsung ke lokasi yang bersangkutan. Apa bila terjadi kesalahan dalam penggunaan dana desa maka kami akan segera rekomendasikan untuk diproses secara hukum. Selain itu, kita akan turun untuk mengecek sistem pekerjaannya, tapi sebelum itu kita Dinas akan panggil PD kecamatan untuk memastikan foto awal pekerjaan rabat beton desa Bone. tandas Kadis Mella (ft. Dion )

About Bony Lerek

Scroll To Top