Home / Daerah / ASN Kota Kupang, Ikut Bimtek JDHI
ASN Kota Kupang, Ikut Bimtek JDHI

ASN Kota Kupang, Ikut Bimtek JDHI

Kupang, fajartimor.com – Demi tercapainya sistim pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum yang lengkap, Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Kupang menggelar Bimbingan Teknis Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) lingkup pemerintah Kota Kupang bekerja sama dengan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) dengan melibatkan ASN setempat.

Pantauan media ini, kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari, sejak 16 – 17 Oktober 2019, bertempat di Hotel On The Rock, Rabu (16/10).

Menurut Penjabat Sekretaris Daerah Kota Kupang Ir. Elvianus Wairata, M.Si, Sistem pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum yang lengkap, akurat dan cepat yang tersebar di instansi pemerintah dan institusi lainnya tidaklah mudah. Oleh karena itu diperlukan kerja sama yang efektif antara instansi pemerintah.

“Jaringan dokumentasi dan informasi hukum merupakan wadah pendayagunaan bersama atas dokumentasi hukum secara tertib, terpadu dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian pelayanan dokumentasi hukum secara lengkap, akurat, mudah dan cepat “, jelas Elvianus.

Saat ini, kata Penjabat Sekretaris Daerah Kota Kupang tersebut, keberadaan JDIH saat ini sangatlah penting dalam menyajikan informasi hukum yang benar dan terintergasi bagi instansi pemerintah, swasta dan masyarakat dalam mengakses dan mendapatkan produk hukum sesuai kebutuhan.

“Pemerintah memiliki tugas dan fungsi dalam melakukan pembinaan dan pengembangan sistem JDIH guna memberikan kemudahan akses yang lebih dalam memberikan informasi hukum kepada masyarakat. Di era digitalisasi dan era industri 4.0 ini pemanfaatan JDIH secara digital baik secara online maupun berbasis aplikasi yang akan terkoneksi secara terpadu dari pusat sampai daerah. Ikutannya bahan hukum yang dibutuhkan ketika diperlukan dengan mudah dapat diakses secara cepat dan akurat,”, terang, Elvianus.

Diawal kegiatan Bimtek, Max Reke,S.H dalam laporan panitianya menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan bimbingan teknis JDIH adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman para pengelola JDIH, dalam memberikan pemahaman kepada ASN lingkup pemerintah Kota Kupang.

“Bimtek JDIH ini penting sekali dilakukan  demi penyiapan kapasitas Sumberdaya aparatur sipil negera agar pada gilirannya, semua produk hukum yang ada di lingkup Pemerintah Kota Kupang dapat diintegrasikan seturut harapan besar Kota Kupang menuju Smart City,” tegas Elvianus.

Sekretaris Daerah Kota Kupang Ir. Elvianus Wairata, M.Si yang didampingi Asisten Adminitrasi Umum Ir. Eduard John Pelt dan Kepala Bagian Hukum, Marthin A. Y. Girsang, S.H,M.H, menekankan,  pentingnya bimtek JDIH, sebagai sarana penyiapan perangkat daerah agar nantinya dapat mempelajari produk hukum dari daerah lain yang kemudian digunakan sebagai acuan dengan tetap berpedoman pada kebutuhan daerah.

Untuk diketahui kegiatan Bimtek tersebut menghadirkan sejumlah Narasumber anatara lain : Narasumber dari Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Drs. Yasmon, M.L.S, Kepala Sub Bidang Penguatan Dan Pemberdayaan Jaringan Reinal Saputra, SH. M.H, dan Pranata Komputer Muda Idham Adriansyah,S.Kom.  sementara Peserta bimtek sendiri berjumlah 50 orang. (ft/tim-hms-kota)

About Bony Lerek

Scroll To Top