Home / Ekbis / Bank Dunia: Negara Maju Jadi Motor Ekonomi Global 2016
Bank Dunia: Negara Maju Jadi Motor Ekonomi Global 2016

Bank Dunia: Negara Maju Jadi Motor Ekonomi Global 2016

Jakarta, fajartimor.com-Melemahnya pertumbuhan pasar keuangan di negara berkembang sangat membebani pertumbuhan ekonomi global pada 2016. Menurut Bank dunia, saat ini negara maju yang bertanggung jawab dalam meningkatkan aktivitas ekonomi global.

Dilansir dari CNBC, Kamis, 7 Januari 2016, berdasarkan laporan terbaru Bank Dunia bertajuk Prospek Ekonomi Global Januari 2016 yang dipublikasikan Rabu waktu Amerika Serikat, pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan mencapai 2,9 persen tahun ini. Meningkat dari tahun lalu yang diperkirakan sebesar 2,4 persen, meskipun pasar negara berkembang melemah.

“Pertumbuhan akan tergantung pada melanjutkan momentum di negara-negara berpenghasilan tinggi, stabilisasi harga komoditas, dan transisi bertahap China ke arah yang lebih konsumsi dan model pertumbuhan layanan berbasis,” tulis laporan tersebut.

Bank Dunia memperkirakan, pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang akan mencapai 4,8 persen pada 2016, lebih rendah dari perkiraan sebelumnya, tetapi naik dibanding proyeksi pasca krisis sebesar 4,3 persen tahun lalu.

Namun, diproyeksikan perlambatan lebih lanjut akan terjadi pada China. Sementara, Rusia dan Brasil diperkirakan masih diselimuti resesi pada tahun 2016. Kawasan Asia Selatan, yang dipimpin oleh India, diproyeksikan menjadi “titik terang” dengan melakukan negosiasi baru dalam Trans-Pacific Partnership yang memiliki potensi besar di sektor perdagangan.

“Risiko terhadap outlook juga termasuk stres keuangan di seluruh siklus kebijakan bank sentral AS Federal Reserve AS dan pengetatan ketegangan geopolitik.”. (ft/Raden Jihad Akbar/mus)

About Bony Lerek

Scroll To Top