Home / Berita utama / BPS NTT, Rilis IHK & NTP Terbaru
BPS NTT, Rilis IHK & NTP Terbaru

BPS NTT, Rilis IHK & NTP Terbaru

Kupang, fajartimor.com – Untuk diketahui, Indeks harga dirilis secara rutin, untuk menjaga kualitas data. Olek karena itu BPS secara rutin memutahirkan tahun dasar, paket komoditas dan diagram timbang untuk setiap indeks harga”ucap Darwis Sitorus kepala badan pusat statistik Prov. NTT dalam sosialisasi pemuktahiran diagram timbang indeks harga konsumen (IHK) dan Nilai Tukar Petani (NTP) tahun dasar 2018 pada kegiatan sosialisasi di Aula lantai 2 kantor BPS Provinsi NTT sekitar 09.30 Wita.
“Data strategis yang dihasilkan BPS NTT adalah Indeks Harga Konsumen (IHK) dan Nilai Tukar Petani (NTP),” jelas Sitorus.
Menurutnya, BPS sejauh ini terus melakukan penyempurnaan pada pemuktahiran tahun dasar. Mengingat, acuan Internasional sendiri juga menjadi awal BPS dalam melakukan perubahan perubahan diagram timbang.
“Pernambahan komoditas baru pada tahun 2018 yang awalnya hanya 2 kota, sekarang menjadi 3 kota,diantaranya: Kota Kupang, Kota Maumere dan Kota Waingapu. Dengan paket komoditas Kota Kupang 404, kota Maumere 329 dan kota Waingapu 249.Kami juga terus menghitung presentase nilai konsumsi di setiap minggunya, namun apabila ada perayaan hari raya maka kami menghitungnya di setiap hari. Karena kebutuhan konsumsinya meningkat,” papar Sitorus.
Dikatakan, NTP (Nilai Tukar Petani) menunjukkan daya tukar dari nilai produk pertanian yang dihasilkan terhadap biaya produk dan barang/jasa yang dikonsumsi. “Ada perbandingan indeks harga yang di terima petani terhadap indeks harga yang dibayar petani dikalikan angka 100. Terbaru, Indeks harga yang diterima petani (it) menunjukkan perkembangan harga produsen komoditas yang dihasilkan petani. Sementara Indeks harga yang dibayar oleh petani (ib) menunjukkan perkembangan harga barang /jasa yang diperlukan untuk kebutuhan rumah tangga petani dan biaya produksi untuk memproduksi hasil pertanian,” terang Sitorus.
Untuk mengetahui Tahun dasar indeks harga 2018=100, BPS NTT telah melakukan perubahan tahun dasar NTP sebanyak 7 kali yakni sejak tahun 1976,1983,1987,1993,2007,2012,2018.
“Alasan pengatian tahun dasar 2012 menjadi 2018 adalah terjadinya perubahan sector pertanian selama 5 tahun terakhir. Dimana tersedianya data padi menggunakan hasil kerangka sampel area (KSA) tahun 2018. Hal ini perlu dilakukan untuk mendukung penggunaan indeks harga dengan menggunakan tahun dasar yang sama pada berbagai titik transaksi harga,” aku Sitorus. (ft/Virginia).

About Bony Lerek

Scroll To Top