Home / Daerah / Bupati Flotim Surati Kajari Periksa Mantan Kades Kalike Aimatan
Bupati Flotim Surati Kajari Periksa Mantan Kades Kalike Aimatan

Bupati Flotim Surati Kajari Periksa Mantan Kades Kalike Aimatan

Bupati Flotim,Yoseph Lagadoni Herin,S.Sos

Yoseph Lagadoni Herin,S.Sos

Larantuka fajartimor.com –Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin,S.Sos telah berkoordinasi dengan Kepala Inspektorat Daerah Flotim Ahmad Bethan SH.M.Si untuk segera menyurati Kepala Kejaksaan Negeri Larantuka, guna memeriksa mantan Kepala Desa Kalike Aimatan,Solor Selatan terkait dengan penyimpangan pengelolaan dana PUAP di tahun 2007.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Yosni kepada wartawan di ruang kerjanya,Senin (1/9).Menurut Bupati perdana asal Nusa Solor itu,pengelolaan dana PUAP di desa Kalike Aimatan tersebut menyimpang dari juklak/juknis pelaksanaan program itu. Bahkan di tahun 2008-2009,pihak Irda Flotim telah melakukan pemeriksaan dan menemukan adnya penyimpangan dana sebesar Rp 60.500.000.

Hasil temuan itu kata Bupati Yosni telah direkomendasikan untuk dikembalikan ke kas daerah. Anehnya, rekomendasi Irda ternyata tidak dilaksanakan. Dalam prakteknya dana yang seharusnya diperuntukkan bagi pembedayaan ekonomi produktif kelompok tani,dimanfaatkan oleh elite pemerintah desa setempat untuk membeli sebuah truk.

“Saya memang harus bersikap tegas dengan kasus ini.Dan kepada kawan-kawan wartawan,saya tegaskan,barusan beberapa menit yang lalu,saya telah berkoordinasi dengan Kepala Irda untuk segera keluarkan surat permintaan pemeriksaan terhadap mantan kades Kalike Aimatan dan pengelolah dana PUAP itu. Bukan soal jumlahnya. Tapi dana PUAP tahun 2007-2008 sebesar  Rp 60.500.000 itu sangat berarti bagi masyarakat di sana. Apalagi dana tersebut dimanfaatkan tidak sebagaimana yang di arahkan oleh juklak-juknisnya.”tegas Bupati Yosni.

Lebih lanjut Bupati Yosni menambahkan,langkah hukum tersebut sangat perlu untuk menciptakan rasa keadilan bagi para pengelolah keuangan di daerah ini.

Bupati Yosni juga membeberkan sejumlah kasus yang telah menyeret beberapa elite daerah setempat dan kembali menegaskan segera mengeluarkan surat kepada Kajari Larantuka dan Kapolres Flotim untuk menyelidiki kasus- kasus tersebut.

Terkait persoalan itu,Anton Kolin,salah seorang warga Desa kalike Aimatan  pun pernah di hajar Sekdes Moses Hayon akibat  meminta penjelasan sehubungan dengan realisasi program tersebut.

Mantan Kades Kalike Aimatan,Mikhael Hayon yang dikonfirmasi melalui ponselnya secara tegas mengungkapkan sangat siap bila kasus tersebut dibawa ke rana hukum. (ft/Eni)

About Bony Lerek

Scroll To Top