Home / Berita utama / ‘Cath Lab, Bukti Layanan RS Siloam,  Menembus Halangan’
‘Cath Lab, Bukti Layanan RS Siloam,  Menembus Halangan’

‘Cath Lab, Bukti Layanan RS Siloam,  Menembus Halangan’

Kupang, fajartimor.com – Semangat layanan medis menembus halangan, ibarat kerja iklas yang tak terbantahkan RS. Siloam Kupang. Cath Lab dengan harga taksiran di atas 5 miliar rupiah kini dimiliki rumah sakit bertaraf internasional tersebut demi menguatkan harapan hidup masyarakat NTT.

Hal tersebut tegas disampaikan Direktur RS Siloam, dr. Yuli Butu, melalui Operasional Manager Siloam Kupang Dokter Anderson Soeharto kepada sejumlah awak media, bertempat di ruang rapat lantai 5 rumah sakit setempat, Sabtu (8/12/2018).

Menurutnya, teknologi medis Cath Lab merupakan jawaban nyata harapan hidup masyarakat Nusa Tenggara Timur untuk hari ini dan seterusnya.

“Jika sebelumnya, angka kematian masyarakat NTT yang diakibatkan oleh penyakit jantung, hati dan pembuluh darah di kisaran 4,4 % lebih maka Cath Lab yang kini dimiliki RS Siloam dan menjadi satu-satunya di NTT dapat memenuhi harapan hidup masyrakat NTT.” Terang Anderson.

Cath Lab RS Siloam kata dokter muda energik tersebut, jelas menjadi jawaban medis berteknologi canggih yang kemudian tidak perlu lagi dicari keluar daerah oleh para penderita penyakit jantung, hati dan pembuluh darah.

Cath Lab Milik RS Siloam, satu-satunya di NTT (foto/dok.fajartimor)

“Kalau sebelumnya banyak penderita mengeluarkan biaya besar untuk mendapatkan layanan Cath Lab di luar daerah (Jakarta-Surabaya dan mungkin luar negeri) maka Cath Lab RS Siloam menjadi jawaban satu-satunya. Dan tidak mungkin menutup kemungkinan menerima pasien Negara Tetangga. Selebihnya, hari ini masih sebatas pasien umum namun ke depan pasien BPJS akan ikut terlayani. Karena RS Siloam juga sementara mengurus kerja sama pasien BPJS dengan pemerintah. Dan sebagai antisipasinya, RS Siloam kini pada posisi pengadaan bed(tempat tidur pasien rawat inap) sebanyak 180 bed,” tandas Anderson.

Lebih jauh dijelaskan, Teknologi Cath Lab, bertaraf Internasional yang pengoperasiannya menggunakan pola pelayanan ITE diketahui sebagai yang memiliki kegunaan membantu dokter menemukan penyempitan atau penyumbatan di dalam pembuluh darah yang mengakibatkan nyeri pada dada (angiogram), mengetahui oksigen dalam hati (hemodynamic assessment) dan menguji tekanan darah dalam hati, lalu mengambil sampel jaringan dalam hati (biopsi), selanjutnya mendiagnosa kemungkinan cacat jantung sejak kecil (cacat jantung bawaan). Hal lainnya yang tak kalah penting yakni melihat masalah dalam katup jantung, termasuk memiliki kemampuan menutup lubang di hati.

paket layanan medis akhir tahun RS Siloam, Menembus Halangan (foto/dok.fajartimor)

Untuk diketahui, Rumah Sakit Siloam Kupang, selain memiliki Cath Lab berstandar internasional juga memiliki CT Scan Computed Tomography, Emergency &Trauma Center, termasuk melayani Paket Medical Check Up (MCU) spesial akhir tahun dengan harga terjangkau menembus halangan. Hal lainnya yang tak kalah pentingnya, RS Siloam Kupang juga menyediakan layanan medical berupa emergency number (1-500-911) dengan jangkauan cepat dan tepat di bawah 10 menit.

Sejumlah dokter ahli Jantung yang turut dihadirkan RS Siloam sekaligus memaparkan pentingnya meminimalisir penyakit jantung dan gejala-gejalanya diantaranya dr. Leonora Tiluata, SpJp, (dokter spesialis jantung), dr. Emile Parapat, SpJp (dokter spesialis jantung), dr. Lowry Yunita, SpJp (dokter spesialis jantung) juga Kabid Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Ema Simanjuntak, SKM. MM. MSc.PH. (ft/boni)

About Bony Lerek

Scroll To Top