Home / Berita utama / Diduga Ada Kepentingan Terselubung, Dibalik Penentuan Lokasi Wolon Bue
Diduga Ada Kepentingan Terselubung, Dibalik Penentuan Lokasi Wolon Bue

Diduga Ada Kepentingan Terselubung, Dibalik Penentuan Lokasi Wolon Bue

Maumere.fajartimor.com-Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Petrus Selestinus, menjelaskan, pilihan lokasi Wolon Bue, Kecamatan Kewapante, sebagai calon Ibu kota Kabupaten Sikka justru makin menjauhkan pelayanan masyarakat.

Padahal, tidak kurang ada tujuh Kecamatan yang tersebar di Pantai Selatan Kota Maumere ( Kecamatan : Tanawara, Mapitara,Waigete, Doreng, Bola, Lela, Lekebai dan Paga), semestinya harus menjadi pilihan pemerintah dan para pemangku kepentingan, demi tercapainya pendekatan pelayanan, kata Salestinus belum lama ini.

Menurutnya, penentuan lokasi Wolon Bue sebagai ibu kota Kabupaten Sikka yang hanya berjarak 10 km dari Kota Maumere merupakan  sebuah pilihan yang mubazir karena tidak memberi nilai tambah apapun bagi masyarakat di tujuh Kecamtan besar yang tersebar di sepanjang pantai selatan Kabupaten Sikka.

“Pilihan lokasi yang paling bijak dan rasional untuk  memindahkan ibukota Kabupaten Sikka keluar dari Kota Maumere adalah di Kecamatan Bola atau Paga atau di Kecamatan Lela sehingga tujuh Kecamatan yang terisolir di Pantai Selatan dekat pada pelayanan publik,” terang Petrus.

Kondisi terkini jika dipaksakan jelas akan menimbulkan kecurigaan bila pemilihan lokasi Wolon Bue, yang berjarak 10 kilo meter dari kota Maumere diduga kuat penuh interrvensi ddan syarat kepentingan sejumlah spekulan dan elit politik di Sikka.

“Spekulasinya, jika pemekaran kota ini disetujui maka soal pembebasan tanah untuk pembangunan pemerintah tidak lagi berhadapan dengan para petani  pemilik tanah, melainkan sejumlah elite yang memiliki akses informasi tentang rencana pembangunan pemekaran kota,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, DPRD dan Bupati Sikka perlu melakukan pengkajian ulang, penuhi prosedur cek lapangan, kembalikan lagi hak tanah para petani jika benar transaksi jual beli tanah yang dilakukan oleh elite-elite di Sikka atas tanah di Wolon Bue tidak sesuai dengan prosedur. (ft/Firardy Rozy.ald)

About Bony Lerek

Scroll To Top