Home / Berita utama / ‘Diduga Pekerjaan Jalan, Desa Oinlasi, Jauh Dari Harga Satuan Pekerjaan’
‘Diduga Pekerjaan Jalan, Desa Oinlasi, Jauh Dari Harga Satuan Pekerjaan’

‘Diduga Pekerjaan Jalan, Desa Oinlasi, Jauh Dari Harga Satuan Pekerjaan’

SoE, fajartimor.com – Secara kasat mata, Pekerjaan Jalan Desa Oinlasi yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2019, kuat dugaan jauh dari semangat harga satuan pekerjaan.

Faktanya, Pekerjaan Jalan, Plat Duiker besar dan kecil di lokasi bekas Kantor Desa Oinlasi, (RT 01/RW 01/Dusun I) di Depan SMA Negeri Oinlasi menuju ke pertigaan Kobeklofo, Kecamatan Amanatun Selatan-TTS terlihat dikerjakan secara asal-asalan.

Pantauan Tim Investigasi media ini, Kamis (30/01/2020), di Lokasi Pekerjaan, tidak terlihat pekerjaan fondasi jalan setelah pembukaan jalan oleh alat berat.

Yang terlihat hanyalah hamparan sirtu yang tidak digilas. Di beberapa titik terlihat ada patahan, juga retak panjang tanpa perkuatan di bahu jalan.

Hamparan sirtu yang langsung di ambil di lokasi jalan dan terlihat sudah patah dan retak (foto/dok.Boni)

Sementara Pekerjaan Plat Duiker (Plat Lantai Beton Bertulang) dikerjakan secara serampangan. Kontruksi Plat Duikernya tipis dan mudah patah bila dilewati kendaraan tonase besar.

Plat Duiker Besar, depan SMA Negeri Oinlasi yang kuat dugaan dikerjakan oleh Sopir dan orang yang tidak mengerti konstruksi Plat Duiker (foto/dok.boni)

Lainnya, hamparan sirtu tipis di badan jalan sudah tergerus air hujan dan terlihat permukaan jalan tanpa fondasi (Telfort).

Papan Informasi soal besarnya anggaran pekerjaan jalan yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2019 tersebut sudah tidak bisa terbaca lagi (Sudah tercabik-cabik).

Papan Informasi Kegiatan yang sudah hancur dan tercabik-cabik (foto/dok.boni)

Fakta pekerjaan yang belum selesai dikerjakan hingga berita ini diturunkan jelas mengindikasikan bahwa kuat dugaan pekerjaan jalan dan Plat Duiker tersebut jauh dari semangat Harga Satuan Pekerjaan baik jumlah harga bahan dan upah tenaga kerja berdasarkan perhitungan analisis yang didapat dari hitungan volume dari setiap unit (item) pekerjaan.

Informasi yang diperoleh media ini, Seluruh pekerjaan tersebut tidak melibatkan warga setempat (HOK). Lainnya, harusnya Lokasi pekerjaan jalan dan Plat Duiker yang belum selesai dikerjakan (Mangkrak), sedianya di lokasi lainnya. Namun dialihkan begitu saja oleh Desa dan pengelola Dana Desa.

Penjabat Kepala Desa Oinlasi, Gedion I. Tenis, KPMD, TPBJ, Ketua Penyedia Barang/Jasa belum bisa dikonfirmasi hingga berita diturunkan. (ft/boni)

About Bony Lerek

Scroll To Top