Home / Berita utama / Hironimus Banafanu, Sosok yang Sederhana dan Rendah Hati.
Hironimus Banafanu, Sosok yang Sederhana dan Rendah Hati.

Hironimus Banafanu, Sosok yang Sederhana dan Rendah Hati.

Kupang, fajartimor.com-Kesederhanaan dan kerendahan hati menjadi kunci suksesnya seseorang dalam upaya dan usaha mengapai mimpi mimpi besarnya.

Sekilas memandang, sementara orang akan berpendapat bahwa sosok dan figure seorang Hironimus Banafanu adalah pribadi unik dan sulit diterkah. Namun ketika didekati malah sebaliknya. Pengalaman ada bersama Sang Wakil Rakyat asal Kabupaten Timor Tengah Utara tersebut justru akan membawa seseorang pada alam berpikir yang cendrung positif. Dan pengalaman luar biasa ini pun didapat fajartimor pada setiap kesempatan pertemuan.

Persoalan sesulit apapun kata pria kelahiran Miomafo Tengah ini akan menjadi ringan bila ditanggapi secara bijak dengan cara berpikir yang positif.

“Masalah sulit kenapa harus repot repot berpikir. Ambil sisih positifnya, lalu dicernah dan kemudian diexplore dengan tetap mengedepankan keseimbangan berkomunikasi. Jangan buat kegaduhan yang nantinya diluar sana ada yang tersinggung”, jelas Hironimus.

Hironimus Banafanu, sosok yang sederhana dan rendah hati

(Hironimus Banafanu, sosok yang sederhana dan rendah hati.foto/dok.boni lerek)

Seringkali, lanjut pria yang akrab disapa pak Hiro ini, seseorang saat diperhadapkan pada persoalan pelik, selalu menghindar dan mencari pembenaran diri. Padahal ketika dihadapi dengan keiklasan dan jiwa besar justru akan berdampak pada kedewasaan berpikir juga langkah laku seseorang.

“Berjiwa besar disemangati Keiklasan menerima setiap persoalan besar tanpa embel embel, akan membuat seseorang tetap tampil prima dan tidak bercelah”, ucap Hironimus.

Menurut Hiro, Respon berlebihan terhadap stimulan (rangsangan) entakah yang berbau positif ataupun negatif akan berakibat pada kehilangan kesejatian seseorang.

“Kalau ada ekses yang muncul sebagai akibat dari sebuah situasi disimpang jalan, cara menanggapinya tidak perlu terlalu berlebihan. Tenang, cermat dan selektif adalah kuncinya. Karena hemat saya, setiap persoalan yang muncul disetiap usaha dan upaya sudah tentu ada solusinya”, terang Hironimus.

Sederhana dan rendah hati, itulah ciri, karakter dan proto tipe seorang Hironimus Banafanu. Ada bersamanya terasa sejuk dan menentramkan hati. Kenyamanan dan kesehajaannya bertutur kata justru membangun animo besar para pendukungnya.

Pandangan briliannya rupanya menjadi aras dan pedoman arah yang kini menuntunnya untuk terus berjuang mendapatkan harapan rakyat yang diwakilinya.

“Hanya ada satu harapan dalam penggalan kalimat ini: Kebenaran boleh disalahkan tapi tidak bisa dilewati. Kebenaran jalannya lambat tapi pada akhirnya keluar sebagai yang benar”, aku Hironimus. (ft/boni)

About Bony Lerek

Scroll To Top