Home / Berita utama / ‘Kasus Hukum Christian Fanda; Sampah Daur Ulang?’
‘Kasus Hukum Christian Fanda; Sampah Daur Ulang?’

‘Kasus Hukum Christian Fanda; Sampah Daur Ulang?’

(Bagian 12)

Fajartimor.com – Langkah Keluarga besar Fanda semakin gencar dilakukan demi mendapatkan keadilan atas hak hak Terdakwa Christian Fanda. Karena Kuat dugaan telah terjadi pelanggaran HAM maka Hari ini, Senin (07/05/2018), keluarga mendatangi Kemenkumham Perwakilan NTT dan diterima bidang pengaduan dan pelayanan hukum (Yaskum).

Ibu Mersi yang langsung membidangi Yaskum Menkumham NTT tersebut sangat merespon aduan keluarga Terdakwa Christian Fanda. Apresiasi positif dan penerimaan yang santun membuat keluarga merasa adanya kesejukan rasa.

Sejumlah staf Yaskum Menkumham NTT lagi meneliti berkas pengaduan keluarga Terdakwa Christian Fanda (Senin, 07/05/2018) di kantor setempat. foto istimewa.

“Kehadiran keluarga sebagai pengadu sangat kami hargai. Tetapi terus terang saja, rana pengadilan tidak mungkin diintervensi. Yang berlaku hanyalah batasan koordinasi atas ruang ruang aturan yang dikenakan pada sebuah kasus yang disangkakan saat ditangani penyidik Kepolisian dan Kejaksaan”, jelas Ibu Mersi.

Koordinasi yang lebih spesifiknya katanya antara lembaga lembaga terkait. Soal berkembangnya seperti apa akan disampaikan secara tertulis kepada keluarga.

“Kita akan lihat dan teliti pelanggarannya seperti apa. Dalam waktu dekat setelah pengaduan ini kami terima, baik Polda, Kejaksaan Negeri dan Ombudsman akan kita koordinasikan untuk segera didapatkan penjelasan akuntabel”, terang Ibu Mersi.

Dari yang terbaca lanjutnya ada yang janggal dalam proses perdamaian antara Jonius Jacob Zakarias dan korban Agnes Wila Here dan Ibunya Agustina W.J Wila Here.

“Ini ada yang aneh. Masa terlapor Mirawati umur 15 tahun alamat Namosain dengan sangkaan Menyediakan Anak Dibawah Umur Untuk Bersetubuh koq berdamainya dengan Pelaku Jonius Zakarias? Bisa dikatakan, Laporannya jelas masih berlaku atau sama sekali tidak dicabut. Kita akan tanyakan hal itu”, tegas Ibu Mersi.

laporan polisi ini menjadi perhatian serius Yaskum Menkunham NTT dan akan ditindaklanjuti. foto.istimewa.

Soal tuduhan kepada Terdakwa Christian Fanda ucapnya akan dipertanyakan saat gelar rapat koordinasi dengan pihak Polda, Kejaksaan Negeri dan Ombudsman.

“Keluarga diminta untuk bersabar. Kita pasti akan tanyakan kepada pihak Polda dan Kejaksaan Negeri, sangkaan yang digunakan menggunakan undang undang pemerkosaan atau undang undang pernjualan anak dibawah umur? Sementara soal alat bukti akan menjadi pertanyaan prinsip kita. Kita akan sampaikan hasilnya kepada keluarga”, tutup Ibu Mersi. Bersambung….(ft/tim)

About Bony Lerek

Scroll To Top