Home / Berita utama / KPK Bidik Budaya ‘Setor Uang’ kepada Kerabat Pejabat dan Pejabat Negara!
KPK Bidik Budaya ‘Setor Uang’ kepada Kerabat Pejabat dan Pejabat Negara!

KPK Bidik Budaya ‘Setor Uang’ kepada Kerabat Pejabat dan Pejabat Negara!

Jakarta Fajartimor.com-Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo meminta para pejabat pemerintahan menghilangkan budaya menyetorkan sejumlah uang ke kerabat dan Pejabat daerah, terkait pengamanan posisi dan jabatan.

Birokrasi yang bersih dapat mempercepat kemajuan bangsa. Sebaliknya, birokrasi yang korup menghambat pencapaian pertumbuhan ekonomi nasional yang ditargetkan pemerintah, tegas Ketua KPK RI Agus Rahardjo belum lama ini.

Menurut Agus, korupsi di tubuh birokrasi sudah sangat memprihatinkan. Banyak daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota masih saja dilingkungi dengan kebiasaan menyetor uang kepada kerabat dekat pejabat dan pejabat daerah, hanya karena sebuah alasan pengamanan posisi dan jabatan.

“Data KPK RI, Penyalahgunaan jabatan yang berujung korupsi, embrionya adalah kebiasaan menyetor uang kepada kerabat pejabat dan pejabat daerah itu sendiri. Objeknya ya soal pengamanan posisi dan jabatan di pemerintahan”, jelas Agus.

Target awal KPK RI, kata Agus yaitu melakukan pembekalan kepada para pejabat di seluruh daerah yang akan diikuti juga dengan Penandatanganan pakta integritas.

“Daerah daerah akan kita datangi. Dan pembekalan soal bebas korupsi, narkoba dan penyalahgunaan jabatan dengan melibatkan kerabat akan menjadi tekanan kita. Selanjutnya diikuti penandatanganan pakta integritas”, jelas Agus.

Informasi fajartimor, khusus untuk daerah daerah tertentu, KPK RI lagi fokus membidik budaya setor uang kepada kerabat pejabat dan pejabat negara dalam kaitannya dengan pengamanan posisi dan jabatan. (ft/nwm)

About Bony Lerek

Scroll To Top