Home / Berita utama / ‘Marianus Sae, Salah Satu Tokoh yang Mencium Tangan Megawati Soekarnoputri’
‘Marianus Sae, Salah Satu Tokoh yang Mencium Tangan Megawati Soekarnoputri’

‘Marianus Sae, Salah Satu Tokoh yang Mencium Tangan Megawati Soekarnoputri’

Fajartimor.com- PDIP resmi mencalonkan Bupati Ngada dua periode untuk maju di pemilihan Gubernur NTT 2018. Marianus Sae dipasangkan dengan Emiliana Julia Nomleni yang merupakan Kader PDIP yang juga ketua DPC PDIP TTS-NTT.

Penunjukkan Marianus Sae dibacakan langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Namun, ketika penyerahan SK berlangsung, terlihat pemandangan yang menarik. Marianus tampak mencium tangan mantan Presiden RI kelima tersebut.

Menjabat sebagai ketua umum sejak awal PDIP didirikan, Megawati menjadi sosok yang begitu dituakan, tidak hanya bagi kader-kader PDIP, karena itu sejumlah tokoh lain juga pernah terlihat mencium tangan putri sulung Bung Karno ini.

Fajartimor (fajartimor.com) merangkum sejumlah tokoh yang pernah mencium tangan Megawati Soekarnoputri, sebagai berikut :

  1. Marianus Sae

 

 

 

 

 

 

 Marianus Sae Calon Gubernur yang rendah hati, tokoh populer bersahaja dan pemaaf, terlihat membungkuk sambil mencium tangan Megawati Soekarnoputri ketua Umum DPP PDI Perjuangan saat menerima SK Penugasan DPP untuk maju bertarung di pemilukada NTT 2018 disaksikan Pasangannya Ibu Emiliana Julia Nomleni (foto/istimmewa)

 2.Saifullah Yusuf

Gus Ipul cium tangan Megawati (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

 

Sesaat setelah menerima map yang berisi surat keputusan PDIP untuk mengusungnya maju pada Pilgub Jatim 2018 dari Megawati Soekarnoputri, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul tampak bersalaman dengan ketua umum PDIP tersebut. Diiringi senyuman, Gus Ipul juga terlihat mencium tangan Megawati.

Peristiwa itu terjadi di rapat koordinasi PDIP dengan agenda pengumuman cagub-cawagub Jatim dan Sulsel bertempat di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (15/10).

Gus Ipul dipasangkan dengan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

 

  1. Budi Gunawan

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (kedua kanan) memberikan ucapan selamat kepada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol. Budi Gunawan (kiri) usai upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (9/9). Presiden Joko Widodo melantik Kepala BIN Jenderal Pol. Budi Gunawan yang menggantikan Sutiyoso. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/Spt/16.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (Foto: Widodo S. Jusuf/Antara)

 

Budi Gunawan dilantik sebagai Kepala BIN menggantikan Letjen (Purn.) Sutiyoso di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat, 9 September 2016 silam. Pemandangan menarik terlihat ketika Budi Gunawan menyalami Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang turut hadir di sana.

Usai bersalaman dengan Megawati, Budi Gunawan membungkukkan badannnya seraya mencium tangan putri sulung Bung Karno tersebut.

Sebelum menjabat sebagai Kepala BIN, Budi Gunawan memang dikenal dekat dengan Megawati. Jenderal Polisi bintang empat ini pernah menjabat sebagai ajudan Megawati selama lima tahun dari tahun 1999 sampai 2004. Nama Budi Gunawan juga sempat mencuat ketika pencalonan dirinya sebagai Kapolri dibatalkan oleh Presiden Joko Widodo.

 

  1. Nurdin Abdullah

Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

 

Bersamaan dengan pengumuman pasangan Gus Ipul-Azwar Anas untuk maju di Pilgub Jawa Timur 2018, PDIP juga resmi mengusung Nurdin Abdullah-Andi Sulaiman sebagai pasangan gubernur-wakil gubernur untuk maju di Pilgub Sulawesi Selatan 2018.

Seperti Gus Ipul, Nurdin yang bergelar profesor ini, terlebih dahulu bersalaman sebelum mencium tangan Megawati Soekarnoputri.

Sebelum dicalonkan sebagai gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin merupakan Bupati Kabupaten Bantaeng yang menjabat selama dua periode dari 2008-2018.

 

  1. Joko Widodo

Jokowi dan Megawati di HUT PDIP (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

 

Ketika masih menjabat Gubernur DKI, Joko Widodo juga pernah terlihat mencium tangan Megawati Soekarnoputri. Peristiwa itu terjadi di sela-sela HUT ke-41 PDIP, Jumat, 10 Januari 2014 silam.

Menurut Jokowi kala itu, apa yang dilakukannya sama sekali tidak bermuatan politis, melainkan sebagai bentuk penghormatan dari yang lebih muda terhadap yang lebih tua.

 

  1. Murad Ismail

(foto Kompas.com/Nabila tashandra)

 

Komandan Brimob Irjen Murad Ismail, resmi diusung PDIP sebagai calon Gubernur Maluku berpasangan dengan Barnabas Orno di Pilgub Maluku 2018. Saat penyerahan SK berlangsung, Irjen Murad terlihat mencium tangan Megawati.

 

Awalnya, Mega hanya memberikan SK saja namun hal itu diikuti oleh gerakan badan Murad untuk membungkukkan badannya agar bisa mencium tangan putri sulung Bung Karno itu. Setelah itu, ia langsung memundurkan dirinya. (fajartimor/kumparan)

About Bony Lerek

Scroll To Top