Home / Berita utama / ‘Partai Tempat Kaderisasi Calon Pemimpin Bukan Survei’
‘Partai Tempat Kaderisasi Calon Pemimpin Bukan Survei’

‘Partai Tempat Kaderisasi Calon Pemimpin Bukan Survei’

Kupang, fajartimor.com – Survei calon pemimpin dasa warsa ini seolah sudah menjadi trend dan seakan ingin menghilangkan nilai dasar dibangunnya sebuah Partai politik.

Agar tidak terus terlena, semua partisan harus sadar benar bahwasannya Partai dalam arti tertentu adalah tempat dan medium kaderisasi Calon Pemimpin Bangsa dan Daerah termasuk perutusan di Legislatif dan bukan Survei, jelas Drs. Ec. Metusalach Sio kepada fajartimor di kediamannya di bilangan perumahan Penfui, Jum’at (08/09/2017).

Menurutnya, Kaderisasi yang dilakukan partai secara tertata dan terpola tidak kemudian gugur hanya karena alasan Survei.

Gambar, Kristo Blasin Kader PDI Perjuangan saat mendaftar ke Hanura untuk mendapatkan dukungan Koalisi (foto istimewah)

Gambar, Kristo Blasin Kader PDI Perjuangan, Calon Gubernur NTT periode: 2018-2023, saat mendaftar ke Hanura untuk mendapatkan dukungan Koalisi (foto istimewah)

“Bila kemudian calon pemimpin yang diusung partai hanya karena alasan Survei maka saya kira Partai-Partai tidak usah lagi sibuk dengan urusan Kaderisasi”, kritik Metusalach.

Kehadiran Lembaga Survei kata Pria berdarah Flores tersebut semestinya memicu kerja keras Partisan (Partai) untuk secara terus menerus dan berkesinambungan menyiapkan kader kader terbaiknya agar pada gilirannya mendapat penerimaan rakyat.

“Soal elektabilitas Kader sudah merupakan tanggungjawab mesin partai (struktur Partai) dari Pusat hingga Daerah termasuk RT/RW. Jadi kalau hari ini Partai juga mau tergantung pada Hasil Survei Elektabilitas produksi Lembaga Survei maka saya kira kinerja Partai tersebut perlu dipertanyakan”, sindir Metusalach.

Partai dalam semangat demokrasi berbangsa dan bernegara lanjutnya, bukan alat untuk mendapatkan kekuasaan. Partai juga bukan alat untuk merebut kekuasaan. Sebaliknya Partai adalah sarana tercapainya sistim demokrasi yang berkeadilan.

“Bagi saya sederhana saja, Partai itu tempat kaderisasi calon pemimpin yang pada gilirannya dipercaya rakyat, mampu memimpin bangsa ini dan daerah ini berdasarkan nilai nilai pelayanan yang ditanamkan Partai. Survei saya kira itu produksi luar, diadobsi lalu dibuat jadi luar biasa. Jika hal survei yang dijabarkan secara terus menerus dan dipercaya maka bubar saja seluruh mesin Partai”, pungkas Metusalach. (ft/boni)

About Bony Lerek

Scroll To Top