Home / Berita utama / ‘PDAM TTS Diduga Alirkan Angin Bukan Air’
‘PDAM TTS Diduga Alirkan Angin Bukan Air’

‘PDAM TTS Diduga Alirkan Angin Bukan Air’

SoE, fajartimor.com – Uang puluhan juta diambil dari warga desa Netpala untuk alasan pelayanan air bersih, namun warga harus urus dada, karena sejumlah sambungan rumah (sr) dan Hidran Umum (hu) yang dipasang PDAM TTS hanya mengalirkan angin.

Desa Netpala kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan yang masuk dalam wilayah pelayanan air bersih domestik PDAM SoE hari hari ini hanya bisa berkeluh. Uang puluhan juta yang diserahkan warga melalui aparat desa setempat hanya berbuah pemasangan pipa sambungan rumah (sr) dan Hidran Umum (hu), jelas tokoh masyarakat setempat kepada fajartimor yang tidak ingin namanya dikorankan.

 “Warga sudah kumpul uang. Jumlahnya puluhan juta rupiah. Eeee tau taunya yang kami dapat cuman pemasangan pipa sambungan rumah (sr) dan beberapa bak umum (hu). Itu pun hanya dipasang di beberapa rumah saja”, kesalnya.

 Menurut tokoh masyarakat yang juga anggota BPD desa setempat, warga desa Netpala dibuat terus menunggu oleh PDAM TTS.

 “Ketika warga bertanya, alasan yang didapat dari pihak PDAM ya adat belum beres lah, kurang uang lah. Pokoknya macam macam lah”, geramnya.

 Dikatakannya, rasa bersyukur warga karena air yang masuk ke permukiman hanya dinikmati sesaat.

 “Dugaan saya, air di pasok dengan menggunakan Tangky PDAM ke HU dan kemudian dialirkan ke pipa sambungan rumah (SR). Buktinya setelah air habis di penampungan (HU), tidak ada lagi air yang mengalir. Yang mengalir kini hanya angin. Memangnya warga mau minum angin?”, sindirnya.

Kades Netpala Djetron Mnune yang berusaha didatangi fajartimor untuk mendapatkan penjelesan terkait persoalan tersebut justru tidak berada di tempat. Informasi yang didapat, yang bersangkutan (Djitron Mnune) lagi berada di SoE karena sebuah urusan prinsip yang berhubungan dengan dana desa.

Sementara Direktris PDAM TTS, Lely Hayer yang berhasil dihubungi fajartimor melalui telpon selular malah meminta kehadiran fajartimor di kantor PDAM setempat guna mendapatkan penjelasan yang benar.

 “Begini nanti kalau bisa om ketemu di kantor pam supaya lebih jelas”, jelasnya.

Diketahui Air Bersih Domestik yakni Pelayanan air bersih bagi penduduk lingkungan perumahan yang terbatas pada keperluan rumah tangga seperti air minum, memasak, mencuci dan mandi

Sementara Unit Pelayanan terdiri dari sambungan rumah (SR), hidran umum (HU), dan hidran kebakaran. Untuk mengukur besaran pelayanan pada sambungan rumah dan hidran umum harus dipasang alat ukur berupa meter air.

Lainnya Pipa Distribusi yakni Pipa yang dipergunakan untuk mendistribusikan air bersih ke pelanggan atau konsumen. Sedangkan Pipa Induk Distribusi yakni Pipa utama untuk mendistribusikan air bersih dari reservoir distribusi ke daerah palayanan melalui titik-titik tapping sambungan sekunder. (ft/Boni)

About Bony Lerek

Scroll To Top