Home / Berita utama / Pengumuman Pengambilan Ijazah STIKES Nusantara Kupang Tanpa Rujukan Yang Jelas
Pengumuman Pengambilan Ijazah STIKES Nusantara Kupang Tanpa Rujukan Yang Jelas

Pengumuman Pengambilan Ijazah STIKES Nusantara Kupang Tanpa Rujukan Yang Jelas

Kupang, Fajartimor.com,- Pengumuman pengambilan ijazah yang dikeluarkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Nusantara Kupang dan tersebar kepada para wisudawan terlihat tanpa rujukan yang jelas terlihat dalam surat pengumuman yang ditandatangani Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan SDM, Natalya M.N. Didoek, S.E., tertanggal 03 Agustus 2019.

Demikian yang dikatakan oleh praktisi hukum, Edi Boni Mantolas, S.H, M.H., Kamis, 15/08/2019 saat dimintai tanggapannya terkait pengumuman tersebut.

“Tanpa rujukan yang jelas yang termaksud adalah pengumuman ini tanpa surat keputusan (SK) Rektor”. Ujarnya

Selain itu, menurutnya hal lain terkait pengumuman ini yakni Kabag keuangan lazimnya tidak mempunyai kompetensi dalam mengeluarkan pengumuman ini.

“kewenangan akan ada jika dalam isi pengumuman yang dimaksud terdapat frasa sudah atau telah lunas”. Terang Edi

Isi pengumuman ini, lanjutnya, juga tidak jelas subtansinya karena tidak menjelaskan secara detail maksud dari ‘telah membayar biaya ijazah’ (yang telah membayar biaya ijazah sebesar satu juta rupiah).

“Detail yang dimaksud yakni: apakah untuk biaya cetak,tandatangan atau nomor seri.” Lanjunya

Edi mengatakan, Pengumuman ini jelas bertentangan dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 25 Junto Pasal 61 Ayat 2 tentang Sisdiknas, yang pada prinsipnya ijazah sudah seharusnya diberikan kepada mahasiswa sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan atau persetujuan pendidikan setelah lulus ujian sehingga logika hukum yang berlaku di dalamnnya ijazah dan transkrip nilai menjadi hak para-wisudawan tanpa syarat.

“Apalagi dengan dipungut biaya sebagaimana termaktub dalam isi pengumuman sehingga dari sisi hukum, pengumuman tersebut batal demi hukum bukan dapat dibatalkan.” Jelasnya

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bahwa ada dugaan pungutan liar sebesar Rp. 1.000.000,- untuk pengambilan Ijazah di Kampus STIKES Nusantara Kupang.

Pengumuman tersebut dikeluarkan pihak Kampus STIKES Nusantara Kupang kepada para wisudawan periode Juli 2019.

Media sudah berusaha melakukan konfirmasi. Namun,hingga berita ini diturunkan, belum ada jawaban klarifikasi dari Kampus STIKES Nusantara Kupang. (Tim/Ft)

About Bony Lerek

Scroll To Top