Home / Berita utama / PPIP Desa Tupan TA. 2013, Dikerjakan Asal Asalan
PPIP Desa Tupan TA. 2013, Dikerjakan Asal Asalan

PPIP Desa Tupan TA. 2013, Dikerjakan Asal Asalan

SoE.Fajar Timor.com. Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP ) Desa Tupan Kecamatan Batu putih TTS tahun 2013 dengan alokasi dana sebesar Rp 250.000.000 dikerjakan asal asalan.

Desa Tupan kecamatan Batuputih yang Jauh dari pantauan public menjadi celah dan peluang dilakukannya cara kerja beraroma kotor dan tidak bertanggungjawab. Pekerjaan Progaram Pengembangan Infrastruktur Pedesaan di Desa setempat dikerjakan asal jadi alias asal asalan. Pekerjaan sirtu sepanjang dua ( 2 ) kilo 700 meter yang dikerjakan secara swakelola oleh Organisasi Masyarakat (OMS) dan kepala desa setempat tidak sedikitpun melibatkan warga local. Pantauan Fajar Timor.com, pekerjaan sirtu sepanjang dua (2) kilo lebih tersebut memperlihatkan kondisi badan jalan yang lebih didominasi tanah bukan spesikasi tanah sirtu alias tanah liat. Kondisi badan jalan yang dipenuhi tanah liat seakan menjdi pemandangan yang seolah olah menjadi semangat Program tersebut yang bersumber dari APBN – MP. Tiga (3) Decker kecil yang masuk dalam item pekerjaan tidak dikerjakan sama sekali. Terkait persoalan tersebut seorang anggota OMS yang enggan namanya dikorankan mengatakan semenjak program PPIP dilaksanakan di Desa Tupan, masyarakat local termasuk dirinya dan sejumlah anggota OMS tidak dilibatkan sama sekali. “kalau mau jujur, mulai dari pembukaan jalan, penyusunan batu telfort, gilas, penimbunan tanah sirtu yang tanah liat itu, dikerjakan sendiri oleh Ketua OMS dan Kepala Desa Tupan. Pihak ketiga katanya mereka ambil orang Kupang. Pengusaha itu datang lalu ambil sirtu tanah liat kemudian hampar saja diatas badan jalan tanpa gilas. Kami kesal sebelum ada PPIP, jalan tersebut masi bisa digunakan, namun setelah program ini jalan malah tambah rusak”, kesal anggota OMS tersebut.

Dari pengakuan OMS tersebut diketahui pencairan dana sudah mencapai 80% (200 juta). Sementara Dinas PU TTS terkesan tidak ambil pusing. Kades Tupan, Seprianus Benu dan Ketua OMS Name Naunane justru menghindar dan enggan memberi klarifikasi kepada Fajar Timor.com. (Dion.fjrtimor.com)

About admin

Scroll To Top