Home / Daerah / SMA Kihajar Dewantoro Oekaem Boking itu Ilegal!
SMA Kihajar Dewantoro Oekaem Boking itu Ilegal!

SMA Kihajar Dewantoro Oekaem Boking itu Ilegal!

SoE, fajartimor.com-Pembukaan lembaga pendidikan SMA Kihajar Dewantoro Oekaem di Kecamatan Boking, yang jauh dari semangat regulasi, disikapi tegas Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahrga TTS.

Berdasarkan regulasi dan aturan pendidikan, membuka akses pendidikan dari tingkatan Paud, TK, SD, SMP dan SMA/SMK, harus melalui koordinasi dengan pihak pemerintah daerah khususnya dinas pendidikan setempat. Karena jika hal tersebut diabaikan maka sekolah yang dibuka, dianggap dan dinilai sebagai sekolah illegal atau liar, jelas Edyson Sippa, Kadis PPO TTS kepada wartawan fajartimor belum lama ini.

awas jika tamat nanti SMA terbitkan ijazah palsu (foto ilustrasi)

awas jika tamat nanti SMA terbitkan ijazah palsu (foto ilustrasi)

Menurut Sippa, Kehadiran SMA kihajar Dewantoro Oekaem Boking, dengan sejumlah aktifitas penerimaan siswa dan kegiatan KBM (kegiatan belajar mengajar) adalah kegiatan illegal dan liar.

“Membuka akses lembaga pendidikan setingkat SMA, bukan pekerjaan mudah. Ada sejumlah tahapan yang harus dilalui. Diantaranya, membangun koordinasi dengan pemerintah daerah melalui dinas setempat, melengkapi data dan persyaratan yang telah menjadi ketentuan serta aturan membuka lembaga pendidikan, dilakukan survey kelayakan, hingga dikeluarkannya ijin operasional. Hemat saya, Kegiatan penerimaan siswa dan KBM SMA Kihajar Dewantoro Oekaem Boking adalah inkonstitusional dan merupakan kegiatan melawahan hukum”, papar Sippa.

Karena tidak mengantongi ijin operasional, lanjut Sippa, SMA kihajar Dewantoro Oekaem Boking, jelas tidak memiliki DAPODIK, termasuk NPSN (Nomor Pokok sekolah nasional), dan NISN (Nomor induk siswa nasional).

“Bahwa ada pembukaan sekolah yang namanya SMA Kihajar Dewantoro Oekaem. Ada penerimaan siswa. Kegiatan KBM sudah dan sementara berlangsung. Tapi perlu saya tegaskan bahwa SMA Kihajar Dewantoro Oekaem Boking adalah SMA liar dan illegal. Karena sekolah tersebut tidak terdata di daerah khususnya di dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Timor Tengah Selatan”, tegas Sippa.

Yang harus dilakukan orang tua siswa kata Sippa, mengeluarkan anak anaknya dari sekolah tersebut, dan segera mendaftarkannya di SMA/SMK yang sudah diakui baik di tingkat local, daerah dan di tingkat nasional.

“Langkah bijaknya yaitu sekolah tersebut akan kita tutup. Dan saran saya, bagi orang tua siswa yang telah menyekolahkan anak anaknya di SMA Kihajar Dewantoro Oekaem Boking, segera menarik keluar dan mendaftarkan anak anaknya di SMA/SMK yang secara aturan telah diakui legalitas hukumnya”, aku Sippa. (ft/apol).

About Bony Lerek

Scroll To Top